web analytics

Ada Perasaan Kosong Saat Ini…

Saya tahu momen seperti ini sangat singkat. Yakni saat mereka masih kanak-kanak. Karena kalau sudah besar sedikit, mereka sudah berangkat sendiri. Apalagi nanti saat SMA, saat memiliki SIM. Pasti naik kendaraan motor sendiri.

Sudah beberapa tahun terakhir saya punya kegiatan rutin di pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Kegiatan itu adalah mengantar anak ke sekolah. Yang setahun terakhir saya lakukan adalah mengantar Zidan ke sekolahnya di SMP 12 Surabaya.

Tapi sudah beberapa hari, saya tidak melakukannya. Karena Zidan berangkat dan pulangnya sendiri. Yakni naik angkutan umum dan ke rumah naik sepeda angin. Katanya supaya lebih bebas. Ya, setuju. Karena kalau berangkat dengan saya, khususnya saat pulang harus menunggu saya pulang kantor. Bisa tidak tentu waktunya, karena kadang saya nglembur.

Karena itu sekarang ini jadi ada perasaan aneh. Seperti ada perasaan kosong. Ada perasaan tidak berguna. Mungkin karena terbiasa bertahun-tahun ya. Apalagi sebenarnya saya menikmati aktivitas ini. Karena bisa mengobrol, bercanda, bercerita, tebak-tebakan dan lain-lainnya dengan anak-anak. Termasuk menanamkan nilai-nilai atau karakter bagi mereka.

Saya tahu momen seperti ini sangat singkat. Yakni saat mereka masih kanak-kanak. Karena kalau sudah besar sedikit, mereka sudah berangkat sendiri. Apalagi nanti saat SMA, saat memiliki SIM. Pasti naik kendaraan motor sendiri.

Ya, sudah. Kalau begitu kembali ke aktivitas semula dulu. Yakni: olah raga. Jogging keliling perumahan. Sesuatu yang setahun terakhir hanya saya lakukan hari Sabtu dan Minggu saja, yaitu saat Zidan libur sekolah.

Kegiatan ini menurut saya termasuk kegiatan mewah. Kegiatan mahal yang jarang orang melakukannya. Bukan karena tidak mau. Tapi karena tidak ada waktu. Karena terburu berangkat mengantar sekolah atau kerja.

InsyaAllah mulai lagi berolah raga hari Jum’at nanti. Aamiiin.

4,344 total views, 10 views today

About Mochamad Yusuf

Mochamad Yusuf was born in Surabaya on December, 29th. After passed his education in Communication Studies from University of Airlangga in 1995, he worked in SCTV as a promotion producer until 1998. Then, he has joined SAM Design, a well-known company for website developing and application. More than 134 websites and application projects have been done there. Yusuf also speaks in many public seminars and radios, as well as teaches at STIKOM and Christian University of Petra Surabaya. Yusuf likes to read, write and watch the movies. You can see his writings on Jawa Pos, Surabaya Post, also internet media. His book has been published, "99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet". He has achieved some regional and national awards too. You also monitor his activities in Facebook profile, http://www.facebook.com/mcd.yusuf or personal website, http://m.yusuf.web.id.

13. October 2014 by Mochamad Yusuf
Categories: Blog | Tags: , | 2 comments

Comments (2)

  1. Itulah roda kehidupan, pak Yusuf. Ada masanya di mana anak-anak tak lagi butuh kita, karena mereka punya dunia sendiri. Hal yang sama yang dirasakan orang tua kita dulu pada kita saat kita beranjak remaja …

Leave a Reply

Required fields are marked *


CommentLuv badge

Subscribe without commenting

%d bloggers like this: