web analytics

Ada Sesuatu Yang Akan Mengkhawatirkan Bagi Bangsa Ini

(ref: sxc.hu)

(ref: sxc.hu)

Berita ini luput dari media massa, meski di sebuah koran daerah Surabaya diangkat menadi headline. Sebelumnya saya tidak pernah mengetahui hal ini. Dan saya belum pernah membaca masalah ini dibahas solusinya. Dan setelah itu juga tidak ada kelanjutan beritanya.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Sesuatu yang memprihatinkan. Sesuatu yang menyedihkan. Sekaligus mengkhawatirkan.

Entah ini apakah ini ‘Blessing in Disguise’. Beberapa waktu lalu, pemerintah Arab Saudi mempulangkan para TKI/TKW yang overstay. Yaitu mereka yang masa izinnya bekerja di sana habis. Bersamaan dengan itu dikirim pula ribuan balita (sekitar 5.000) orang ke Indonesia. Mereka tidak diketahui ayah ibunya. Mereka yatim piatu. Yang jelas mereka anaknya para TKI/TKW.

Mereka bisa karena 3 hal. Pertama, ibunya TKW yang bersuami TK asing seperti Banglasdesh dan memilki anak yang entah sah/tidak. Secara hukum anak itu ikut kewarganegaraan Indonesia. Setelah lahir, anaknya diberikan ke pemerintah Arab Saudi karena berbagai hal.

Kedua, sama dengan kasus di atas, tapi anak-anak ini ditinggal sejak lahir saat di rumah sakit. Setelah melahirkan, para ibunya langsung pergi. Dan ketiga, mereka lahir di luar rumah sakit, dan kemduan anaknya dikirim ke rumah sakit karena berbagai hal.

Salah satu anak itu yang kemarin dikirim ke Indonesia bernama Ahmed. Ibunya TKW dari Tuban dan bapaknya tenaga kerja dari Bangladesh. Ibunya meninggal saat melahirkannya di rumah sakit. Ibunya sebenarnya masih merupakan istri sah dari seseorang warga Indonesia yang masih tinggal di Tuban. Anaknya 3 yang sudah besar. Semua sudah berkeluarga.

Kakak ibunya yang mewakili keluarga untuk menjemput anak itu. Dia mendapat pemberitahuan pemerintah untuk mengambil Ahmed. Dia hanya memandangi Ahmed sambil menangis. Dia juga keluarga yang susah. Keluarga miskin. Sehingga mereka tidak bisa membawanya. Mereka mengikhlaskan tinggal diasuh oleh negara.

Ngeri sebenarnya membaca berita ini. Ada ribuan generasi mendatang yang tudak jelas statusnya. Dan tidak diasuh dari keluarga yang sempurna. Generasi yang akan menggantikan generasi kita. Dan jumlahnya itu tidak berhenti di situ. Mungkin akan semakin banyak ke depan sejalan dengan semakin meningkatnya dikirim TKI/TKW ke luar negeri.

Dan saya masih belum melihat solusi yang ditawarkan oleh pemerintah tentang hal ini. Bahkan kita seakan mengabaikan adanya masalah ‘gunung es’ ini.[PUTA, 17/12/2013]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang ‘online communication’, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf.

6,751 total views, 2 views today

About Mochamad Yusuf

Mochamad Yusuf was born in Surabaya on December, 29th. After passed his education in Communication Studies from University of Airlangga in 1995, he worked in SCTV as a promotion producer until 1998. Then, he has joined SAM Design, a well-known company for website developing and application. More than 134 websites and application projects have been done there. Yusuf also speaks in many public seminars and radios, as well as teaches at STIKOM and Christian University of Petra Surabaya. Yusuf likes to read, write and watch the movies. You can see his writings on Jawa Pos, Surabaya Post, also internet media. His book has been published, "99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet". He has achieved some regional and national awards too. You also monitor his activities in Facebook profile, http://www.facebook.com/mcd.yusuf or personal website, http://m.yusuf.web.id.

19. December 2013 by Mochamad Yusuf
Categories: All, Blog, Indonesia | Tags: , , , , , | 2 comments

Comments (2)

  1. menambah pengetahuan

  2. meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengetahuan

Leave a Reply

Required fields are marked *


CommentLuv badge

Subscribe without commenting

%d bloggers like this: