web analytics

Kolang-Kaling [1]: Warna Warni kehidupan

Ternyata niat kuat dan disiplin yang tinggi belum cukup untuk memaksa diri menulis. Selain perlu adanya ide, gagasan atau apa yang ingin ditulis, waktu adalah yang paling dibutuhkan. Ini terjadi setelah bulan Ramadhan, saya kering tulisan. Tidak ada tulisan yang muncul.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Kalau dicari alasan sih ada, misal waktu yang tidak ada. Tapi alasan apapun, kenyataannya saya tidak produktif.

Lalu saya berpikir keras. Apa yang bisa memaksa saya harus menulis. Menulis apapun dan tidak harus panjang. Tidak harus sepanjang sebuah halaman A4, seperti yang saya inginkan dalam resolusi di awal tahun. Bisa lebih pendek. Mungkin sekitar 1500-2000 karakter. Yang penting ada tulisan yang muncul.

Karena itu terpikir untuk membeli tablet. Dengan tablet, maka tak repot untuk langsung mengetik. Pakai komputer, meski netbook sekalipun, masih tidak praktis. Besar, berat, cari tempat yang enak, menyalakan dulu dan lainnya kalau pakai komputer.

Dan supaya bisa menulis, maka paling enak tidak dibatasi suatu tema. Menulis dengan tema apa saja. Makanya tulisan ini saya masukkan dalam serial baru. Namanya: kolang-kaling.

Kolang-kaling adalah makanan berbentuk lonjong dan rasanya kenyal. Seperti nata de coco. Tapi lebih alami. Kolang-kaling memang hasil dari buah aren. Normalnya kolang-kaling ini berwarna putih. Namun kita temukan di pasaran sudah warna-warni. Ada hijau, merah muda dan lainnya. Warna putih biasanya menemani makanan kolak. Sedangkan yang warna-warni ada di cocktail, es campur, dawet dan lainnya.

Jadi saya harapkan meski beragam temanya, tapi tetap sama tujuannya. Yakni terus mengasah otak untuk terus menulis. Seperti kolang-kaling itu. Warna-warni tapi rasanya sama saja. Hehehe.

Semoga apapun yang saya inginkan dan niatkan ini berjalan seperti diharapkan. [PURI, 26/9/2012 sore]

~~~
Tidak seperti serial tulisan saya lainnya, serial ‘Kolang-Kaling’ ini adalah tulisan saya yang warna-warni. Tidak ada benar merah tema yang diusung. Yang jelas ada keinginan menulis, maka tulisan serial ini ada. Hehehe. Anda bisa membaca tulisan saya pada serial-serial yang serius di http://enerlife.web.id

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf .

1,634 total views, 6 views today

About Mochamad Yusuf

Mochamad Yusuf was born in Surabaya on December, 29th. After passed his education in Communication Studies from University of Airlangga in 1995, he worked in SCTV as a promotion producer until 1998. Then, he has joined SAM Design, a well-known company for website developing and application. More than 134 websites and application projects have been done there. Yusuf also speaks in many public seminars and radios, as well as teaches at STIKOM and Christian University of Petra Surabaya. Yusuf likes to read, write and watch the movies. You can see his writings on Jawa Pos, Surabaya Post, also internet media. His book has been published, "99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet". He has achieved some regional and national awards too. You also monitor his activities in Facebook profile, http://www.facebook.com/mcd.yusuf or personal website, http://m.yusuf.web.id.

26. September 2012 by Mochamad Yusuf
Categories: All, Blog | Tags: , , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *


CommentLuv badge

Subscribe without commenting

%d bloggers like this: