web analytics

Mengisi Liburan Dengan Belajar Bahasa Inggris (1): Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare

Patung Ganeca, petilasan kerajaan terdahulu sebagai tetenger Pare

Patung Ganeca, petilasan kerajaan terdahulu sebagai tetenger Pare

Ada alternatif lain liburan yang mencakup itu semua: dapat teman baru, pengalaman baru, melihat pemandangan berbeda, namun masih ada plus-nya. Yakni belajar bahasa Inggris. Keren kan. Dimana itu?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Liburan sekolah telah tiba. Sesuatu yang ditunggu anak-anak akhirnya sampai juga. Mereka pasti punya banyak rencana. Seperti liburan ke rumah nenek, liburan ke luar negeri atau liburan ke tempat wisata terkenal kayak di Bali atau Jakarta.

Semuanya menyenangkan. Karena liburan itu jadi bertemu dengan teman-teman baru, sanak saudara atau kakek-nenek, paman-bibi dan lain. Melihat pemandangan yang baru yang jarang ditemui di rumah sehari-hari, seperti kerbau di sawah, pantai, gunung dan lain-lain. Atau mendapat pengalaman baru: bertemu dengan orang asing yang berbahasa beda di luar negeri, naik kerbau di sawah, mandi di pancuran dan lainnya.

Tetapi itu semua memungkinkan kalau ada kesempatan seperti tempat tinggal kakek-nenek memang di desa/daerah yang berbeda. Kalau tempat tujuan (kakek-nenek, paman-bibi) juga sama kotanya, mungkin pengalamannya hampir sama. Sama-sama melihat kemacetan. Hehehe.

Atau hal ini bisa terjadi kalau ada dana yang cukup (keluar negeri butuh biaya banyak kan?). Masih harus ngurus paspor dan visa, pesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya dan lainnya.

Dan itu semua masih memerlukan effort kita. Kalau liburan ke dalam negeri, kita mungkin bisa mengantar dan menjemput ke tempat tujuan, tapi kalau ke luar negeri mau tak mau harus ikut menemani. Tak apa kalau kita punya kesempatan menemani, kalau tidak?

Ada alternatif lain liburan yang bisa mencakup itu semua: dapat teman baru, pengalaman baru, melihat pemandangan yang berbeda, namun masih ada plus-nya. Yakni belajar bahasa Inggris.

Liburan di mana itu?

Liburan di desa Tulungrejo dan sekitarnya di kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur. Lokasi ini masih di desa. Ada sawah dan kerbaunya. Dekat gunung Kelud, sehingga bisa melihat pemandangan. Banyak candi dan peninggalan purba lainnya bekas kerajaan-kerajaan seperti kerajaan Dhoho, Kediri dan lainnya. Juga kalau beruntung bisa menikmati buahnya dari pohonnya: durian, pepaya, mangga dan lainnya.

Juga dapat berkenalan dengan teman-teman baru dari seluruh Indonesia. Kampung ini banyak sekali tempat kursus bahasa Inggris yang membuatnya terkenal seantaro Nusantara. Banyak orang pergi ke kampung ini untuk belajar bahasa Inggris. Sehingga kita di sini bisa bertemu banyak orang. Ada yang berasal dari Kalimantan, Jakarta, Sulawesi, Sumatra dan lainnya.

Mahal? Tidak. Banyak paket kursus selama liburan, sekitar 1 minggu, dengan biaya hanya 100 ribu. Tentu masih banyak paket kursus lain dengan berbagai variasi waktu dan intensifikasi jam pelajaran. Sehingga harganya juga berbeda.

Biaya yang dikeluarkan paling biaya untuk tempat tinggal (ngekost) dan makan. Namun Pare bukanlah kota besar. Di sana sepiring nasi pecel masih 2.500 (air liur saya menetes sangat mengetik nasi pecel ini, karena saya selalu menyukai nasi pecel Pare ini. Hehehe).

Lembaga kursus apa yang seharusnya kita ambil?

Itu pilihan anda. Hehehe. Yang jelas, di sana ada banyak sekali lembaga kursus bahasa Inggris. Mungkin puluhan. Mungkin lebih dari 30. Dalam artikel berikutnya, akan saya sampaikan daftar lembaga kursus bahasa Inggris di desa Tulungrejo dan sekitarnya di Pare, Kediri. [PURI, 20/6/2012 sore]


[BERSAMBUNG]

Artikel selanjutnya: Mengisi Liburan Dengan Belajar Bahasa Inggris (2): Inilah 3 Lembaga Kursus Besar di Pare.

Untuk mencari paket holiday programs yang menarik dapat melihat menu holiday programs di website saya yang lain, kampunginggris.co.

~~~
Artikel ini merupakan artikel rintisan. Saya mencoba untuk mengumpulkan data lembaga kursus di kampung Inggris ini. Kalau Anda punya data lembaga kursus lain, silakan infokan saya di kontak personil website saya. Ditunggu. Terima kasih.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf .

7,137 total views, 4 views today

About Mochamad Yusuf

Mochamad Yusuf was born in Surabaya on December, 29th. After passed his education in Communication Studies from University of Airlangga in 1995, he worked in SCTV as a promotion producer until 1998. Then, he has joined SAM Design, a well-known company for website developing and application. More than 134 websites and application projects have been done there. Yusuf also speaks in many public seminars and radios, as well as teaches at STIKOM and Christian University of Petra Surabaya. Yusuf likes to read, write and watch the movies. You can see his writings on Jawa Pos, Surabaya Post, also internet media. His book has been published, "99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet". He has achieved some regional and national awards too. You also monitor his activities in Facebook profile, http://www.facebook.com/mcd.yusuf or personal website, http://m.yusuf.web.id.

20. June 2012 by Mochamad Yusuf
Categories: All, Blog, Indonesia, Pendidikan | Tags: , , , , , , , , | 5 comments

Comments (5)

  1. Pingback: ..| Home of Mochamad Yusuf |..

  2. Pingback: Mengisi Liburan Dengan Belajar Bahasa Inggris (2): Inilah 3 Lembaga Kursus Besar di Pare | M. Yusuf's Sweet Home

  3. wah ulasan yang menarik Bp. Mochamad. membuat saya berandai-andai tentang paket wisata sambil belajar di daerah kami.
    Terima kasih 😀

  4. Paragraph writing is also a excitement, if you be acquainted
    with then you can write otherwise it is difficult to write.
    paket wisata dieng recently posted..paket wisata diengMy Profile

Leave a Reply

Required fields are marked *


CommentLuv badge

Subscribe without commenting

%d bloggers like this: