Category

Random Post

Random Post

Habis Gelap Terbitlah Asap

sebenernya bukan habis gelap doang asap nya terbit. Tapi hampir setiap saat, dari saat kita bersama sampai kita berpisah. yang di temui hanya lah kekecewaan asap, asap dan asap.

ada yang bisa liat jembatan nya? | pic by: emir_man

ada yang bisa liat jembatan nya? | pic by: emir_man

habis gelap terbitlah asap, mungkin itu lah perumpaan yang sesuai dengan keadaan di beberapa kota tahun ini. seperti biasa bencana ini masih selalu terjadi seolah-olah udah jadi bencana rutin tahunan yang terjadi di daerah Sumatera, Kalimantan dan Riau bahkan daerah lain yang kena dampak asap.

untuk sebagian orang yang ga ngerasain, mungkin ini biasa aja dan bahkan mungkin ada yang bilang “ah apaan sih cuma asap gitu doang udah ngeluh!” sekarang gini, gimana mungkin orang bisa tahan menghirup asap yang udah ada berbulan-bulan? apa sih yang dirasain sama mereka disini yang menghirup asap? susah nafas? iya. mata perih? iya juga. nyesek? bukan lagi. Apalagi bagi yang lagi nahan nyesek rindu sama doi. nyesek nya udah kayak mie, isi dua.

sebenernya gue atau teman-teman lain yang ngepost tentang asap ini di sosial media bukan untuk di kasihani atau apapun demi kepentingan pribadi. gue cuma pengen share info kalo disini itu udara nya udah sangat kotor, dengan harapan pemerintah juga jadi liat keadaan yang ada sekarang. menurut gue, pemerintah ‘sepertinya’ udah berusaha buat ngilangin asap ini tapi ya emang belom ilang aja.

kita juga tau, teman-teman yang lain udah buat gerakan #MelawanAsap #SaveSumatera #SaveRiau dll. tapi nyata nya? asap juga masih belum hilang yang ilang malah doi ga keliatan ketutupan asap 🙁 maka dari itu, gue buat post ini juga buat ngebantu ‘ngebuka mata’ biar liat keadaan yang sekarang.

 

 

setau gue, tahun ini asap di Palembang udah lebih parah dari tahun-tahun kemarin. kalo ga salah tahun kemaren asap nya masih bisa di tanggulangi pake masker biasa. tapi kalo tahun ini masker biasa udah gabisa lagi di pake. gue sih kasian sama anak-anak kecil yang biasa nya maen diluar rumah tapi ga pake masker. untung nya, pemerintah memberikan kebijakan kepada sekolah untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar.

gue ga habis fikir sama yang perokok, gimana bisa mereka masih menghisap rokok dengan keadaan asap yang lagi parah-parah nya ini. kita tau dampak yang di sebabkan rokok bukan cuma buat perokok itu sendiri tapi juga buat orang-orang disekitar nya. kasian mereka yang udah kena dampak asap dari orang ga bertanggung jawab ditambah lagi dari asap rokok.

untuk saat ini, gue rasa udah cukup ‘mendesak’ pemerintah nya sekarang yakin dan tunggu aja bakal ada penyelesaian dari pemerintah.

well, selagi nunggu penyelesaian dari pemerintah ga ada salah nya untuk saling mengingatkan kepada orang terdekat untuk menjaga memakai masker biar ga ada lagi yang terjangkit penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).

sebenernya masalah ini bukan cuma jadi PR pemerintah aja, tapi PR masyarakat juga untuk tetep ngejaga lingkungan yang ada. Semoga asap ini cepat berlalu, dan tidak terulang kembali di tahun-tahun berikutnya 🙂

 

No Comments